Senin, 12 Oktober 2015

HIJRAH is Move ON, Right…?


 “Tak terasa esok malam kita akan berjumpa pula dengan tahun  baru yaah”, ucap Hana dalam gumamnya.
“Maksudmu apa? Sekarang kan masih bulan Oktober Hana. Lihat nih kalender. Kamu mimpi atau menghayal?”, jawab Lulu dengan nada sedikit nyengir.
“Aku tak bermimpi, aku tak menghayal  bahkan aku sedang sadar pada kualitas kesadaran yang tak perlu kamu ragukan”, jawab Hana lagi.
Lulu berpikir lagi, dan berucap,”Hana aku tetap yakin kalau sekarang masih bulan Oktober, udah, kamu jangan ngigau  lagi dah. Kan baru kemarin tanggal 4 Oktober peringatan hari kelahiranku, ya pastinya tahun baru masih lama. Masih 2 bulan lebih Hanaaa”.

Sadarkah kita...??

Kalau esok malam memang malam pergantian tahun alias malam tahun baru itu.
Tahun baru apa?
Kebanyakan orang hanya menyambut meriah pergantian tahun masehi, bagaimana dengan tahun baru Hijriah? Pastinya, esok malam adalah pergantian tahun baru Hijriah. Euforianya memang sama sekali tak berasa. Sebetulnya memang tak perlu euforia berlebihan atas pergantian tahun itu. Tapi, umat Islam sendiri banyak yang tak sadar atas itu.
Kalau yang bekerja pada sebuah instansi dan mengenal tanggal merah sebagai hari libur, kebanyakan kita hanya menikmati itu sebagai hari libur saja, tanpa perlu tahu dalam rangka apa. Berbeda dengan tahun baru masehi yang kebanyakan orang mempersiapkan untuk menyambutnya. Sebetulnya, menurutku tak ada yang perlu dianaktirikan dari keduanya. Toh kita adalah manusia yang hidup dalam peradaban dunia dan peradaban Islam. Namun, jangan berlebihan. Ambil hikmah di balik itu semuanya. Cukup seperlunya saja.
Tahun Hijriah adalah perhitungan tahun yang dimulai sejak Rasulullah saw hijrah dari Makkah ke Madinah. Sejak itulah Islam mulai meniti kejayaannya dan mendunia sebagaimana saat ini. Lalu, apa yang dapat diperbuat dalam rangka menyambut tahun baru Hijriah ini? Perlukah menyediakan terompet, kembang api dan segala macamnya? Tidaklah penting, maknailah berhijrah…!!
Hijrah tak mesti pindah secara fisik seperti yang dahulu dilakukan Rasulullah saw. Berhijrahlah dengan menjadi lebih baik, berhijrahlah dengan menjadi pribadi yang tangguh dan kuat, berhijrahlah dengan kebulatan tekad akan masa depan yang lebih jaya. Dan berhijrahlah untuk pilihan A, B, C,D, E dan seterusnya dalam hidup kita masing-masing …
“hijrah is move on
welcome to 1437 H




Tidak ada komentar:

Posting Komentar